Hidup itu Apa?

Kalau ditanya hidup itu apa?

Hidup itu perjalanan menuju kematian, menunggu giliran mati. Agak dark ya. Tapi memang benar kalau dipikir-pikir, setidaknya menurut pandangan pribadiku begitu dengan kapasitasku saat ini.

Karena,
kematian itu sudah pasti, sedangkan yang ada dalam perjalanan hidup itu sebenarnya adalah rangkaian berbagai kemungkinan-kemungkinan, tergantung bagaimana kita dalam menempuh perjalanannya.

Memaknai itu menjadikan ingin menghidupi hidup. Menjalani tanpa penyesalan.

Gimana sih menjalani hidup tanpa penyesalan?

Silakan didefinisikan masing-masing, karena setiap pribadi memiliki spesifikasi lahir batin dari Tuhan dan pengalaman yang berbeda satu dan lainnya, sehingga tidak bisa disamakan.

Aku pribadi juga tidak bisa memberi tahu atau mendikte orang lain terkait bagaimana seharusnya menjalani hidupnya, belum tentu akan sesuai juga, karena hal itu adalah hasil olah pikir dan rasa dari proses seorang manusia berspesifikasi aku dengan berbagai macam variabel yang melingkupinya, begitu juga dengan yang lain, karena masing-masing manusia sifatnya itu unik (kecuali memang sedang berbicara dalam batasan suatu konsensus/kesadaran kolektif tertentu).

***

"Manusia berdaulat atas dirinya sendiri"

Buatku, berdaulat dulu saja atas diri sendiri. Perjalanan berdaulat atas diri sendiri saja tidak mudah, mau sibuk mengurusi kedaulatan orang lain.

Rasa Syukur

Jika untuk bisa bersyukur kita mengambil dari pendekatan "membandingkan nasib". Membandingkan nasib/kondisi kita dengan orang lain...

Powered by Blogger.