Gunung Kidul : Goa Rancang Kencono


Hari minggu kemarin rencananya saya ingin jalan-jalan ke air terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul, Jogja, karena sudah lama tidak jalan ke sana, terakhir mungkin sekitar 3-4 tahun lalu. Dan.. yes, saya sampai ke Sri Gethuk juga walaupun muter-muter karena lupa-lupa ingat jalannya.

Karena agak-agak lupa jalan dan sepertinya jalan yang saya ambil memang berbeda dengan dulu sewaktu saya ke Sri Gethuk, dan jadilah angin membawa saya sampai ke tempat ini, Goa Rancang Kencono. Tetanggaanlah sama Sri Gethuk ternyata. Mampirlah saya sebentar ke goa tersebut dan ternyata pengunjungnya juga lumayan (atau selama ini saya yang tidak tahu ya? hahaha).



Kenampakannya seperti di foto-foto ini, semacam goa vertikal, ada pohon besar menjulang di tengahnya, namanya pohon klumpit, yang usianya ratusan tahun.

Goa ini seluruhnya ada 3 ruangan. Yang pertama adalah ruangan besar yang menurut sejarahnya dulu digunakan oleh laskar mataram untuk merancang strategi untuk melawan Belanda. Setelah ruangan besar, ada pintu kecil yang auranya agak spooky-spooky syalala, nah jika lanjut masuk lagi, akan menemukan ruangan kecil terdapat meja kecil dari batu sebagai tempat sesajen atau persembahan, ruangan ini digunakan untuk tempat persemedian. Setelah ruangan kedua, terdapat ruangan kecil lagi, untuk memasukinya melalui celah kecil yang harus menunduk, tempat ini sebagai tempat persemedian, juga persembunyian dan merancang strategi. Di dalam ruangan ketiga ini terdapat semacam prasasti yang ditulis di dinding goa, kalau kata bapak pemandu, konon katanya dinding tersebut merupakan pintu gaib yang menghubungkan goa ini ke Merapi. (untuk ruangan 2 dan 3 tidak sempat difoto).

Karena dulunya goa ini digunakan untuk tempat merancang strategi maka beliau-beliau menyebutnya goa Rancang.


Rasa Syukur

Jika untuk bisa bersyukur kita mengambil dari pendekatan "membandingkan nasib". Membandingkan nasib/kondisi kita dengan orang lain...

Powered by Blogger.